05.41

the benefits of digital architecture

Posted by Echi |

Assalamualaikum wr. wb.
Mata kuliah arsitektur dijital ya ...hmmmm...masih buanyaak yang harus saya dalami pada satu makul ini.maklum lah makul baru akibat adany perubahan kurikulum..
Pertama denger makul ini emang terkesan 'garang', karena kesannya ada makul yg bener2 up 2 date bgd soal penggunaan teknologi yang bisa dibilang 'cukup' canggih dalam ruang arsitektur. makanya bisa dibilang arsitektur dijital menggabungkan antara seni, ilmu dan teknologi. tentu saja hal ini menandakan adanya peningkatan level arsitektur donk (Alhamdulillah)..
terus terang saja saya ini manusia yang sedikit gaptek,jadi pas ada makul baru semacam ini langsung 'keder'.tapi begitu coba2 mainan digital ternyata asik juga dan banyak positifnya (walaupun ada jg kurangnya,kan nothing's perfect),
mau tau? check it out!!!
1. Efisiensi waktu
wah bener2 hemat waktu, inget SK2 & SK3 ngedraft pke pensil dan tinta...masya Allah ga lagi2 deh (saya yakin temen2 kampus pasti juga beranggapan sm).
2. Praktis
kalau ada kesalahan tinggal di edit2. ga perlu ribet takut kertas gambar kotorlah, atau sobeklah.jaman computerize gitu lhoh...
3. Desain lebih dinamis
jaman yang lagi marak2nya dekonstruktif begini emang menuntut banyak bgd peran digital. tdk perlu ribet mau bikin desain spektakuler tanpa sudut apalagi berlekuk2 tralala..
4. Desain lebih berani
kalau pake digital kita bisa nambah2 komponen semau kita tanpa repot.misalnya kita ngrasa "wah..kayany lucu deh ditambah ini," tgl kita edit dan lgsg bisa dilihat visualisasiny.jadinya desain lebih berani, kreatif dan inovatif.
5. Ukuran lebih presisi
sebagai arsitek jangan cuma jual estetika aja.tapi keamanan dan kenyaman malah justru 'numero uno'!kalo gambar kerja meleset dikit aja,bisa utang banyak nyawa donk kita.
6. Kreatifitas struktur
dengan digital, kita bisa membuat struktur menjadi elemen yang bisa ditonjolkan dalam nilai arsitektur.tapi ingat,harus tetap bisa dipertanggungjawabkan.
7. Menambah lapangan pekerjaan
ada dua pihak yang diuntungkan dg maraknya arsitektur digital ini,yaitu :
- programmer
semakin banyak programmer berloma - lomba menciptakan software2 baru sbg pendukung dunia arsitektur digital..bravo!!!!
- arsitek
arsitek yang memiliki kemampuan khusus dlm bidang arsitektur digital pasti lebih banyak diminati oleh biro2 konsultan (semoga saya termasuk..amin).

Masih banyak manfaat dari perkembangan dunia arsitektur yang satu ini hingga tidak bs disebutkan satu2.
Tapi yang perlu diingat sebagai seorang arsitek kita tidak boleh terburu nafsu untuk menciptakan konsep dan ide desain yang muluk2 nan spektakuler, namun hanya bisa dinikmati di layar komputer saja.sedangkan untuk merealisasikannya ampun2 sulitnya.ingat, kita para arsitek harus menyelesaikan masalah desain bukannya menambah masalah baru.hehe..
Sekian dulu ya dr saya...thanks a lot bagi yang sudah baca blog ini..saya sangat tersanjung kalian appreciate dg blog saya...GOD bless us.
Wassalamualaikum wr wb





0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe